February 27, 2009

my team.. the company.. and my bos.. luv ya!

hari ini merupakan hari yg berat buat perusahaan tempat gw bekerja..
karena salah satu dari partner kami, IT consultan yg berada di negara tetangga collapse alias bangkrut gara2 klien utama mereka.. sebuah perusahaan steel klo gw ga salah.. juga collapse akibat krisis ekonomi dunia T_T
parahnya lagi.. partner inilah yang berhubungan langsung dengan team gw..
dengan kata lain.. team gw di outsource mereka untuk mengerjakan project e-gov negara tetangga tsb..
waktu krisis ekonomi ini baru digembar-gemborkan di beritakan di media.. gw sama sekali ga pernah berpikir bahwa dampaknya akan gw rasakan di perusahaan ini..
bukan karena apa2.. tapi karena emang ga ada tanda2nya.. semua project tetep jalan mulus.. dan bos gw pernah berkata di sebuah morning meeting.. "untung kita ga kena imbas dari krisis ini".. tentu saja dengan tidak menggunakan bahasa indonesia...
sampai pada suatu hari beberapa minggu yang lalu.. si bos masuk ke ruangan team gw dan bilang klo negara tetangga sudah mulai merasakan imbas krisis ekonomi global ini.. dan pemerintahan mereka memutuskan untuk meng-cut budget mereka.. dengan kata lain.. project ini harus di slim-kan lagi.. termasuk developernya T_T
pada waktu itu si bos bilang.. klo director si perusahaan partner itu berpikir untuk mengeluarkan gw dari team karena bagian yang gw pegang yaitu single sign on alias SSO sudah hampir kelar..
keesokan harinya.. gw dipanggil ke kantor beliau untuk kembali membicarakan rencana keluarnya gw dari team ini..
dia menjelaskan lagi tentang apa yg dia jelaskan kemaren di ruangan gw.. dan dia bilang.. "but before I assign you to another team, I should ask your opinion first.."
disana gw bilang klo gw ngerasa nyaman berada di team ini.. orang2nya udah solid satu sama lain.. dan gw pun merasa sudah nyaman dengan SSO, gw ga mau secepat ini keluar dari team karena gw masih pengen involve banyak di e-gov yg kita kembangkan ini.. "
bos gw ngerti banget sama perasaan gw.. dia menenangkan gw dengan bilang ini semua masih wacana.. ga ada yg pasti karena saya liat list kerjaan kamu masih banyak.. dan orang sana memang kurang koordinasi antara management dan operasionalnya.. di satu pihak bilang cut budget.. di pihak lain nambahin kerjaan..
gw keluar kantor bos dengan hati sedikit bahagia.. karena masih ada kemungkinan waktu gw di team ini masih lama..
dan seminggu kedepannya.. bener aja yg dibilangin si bos.. kerjaan si gw nambah banyak.. dan rencana keluarnya gw dari team sepertinya sudah terlupakan begitu saja ^^
dan hari ini.. tiba2.. team leader gw bilang klo pagi ini.. siang hari waktu negara tetangga.. ada rumor perusahaan partner kita itu bakal bangkrut..
ok.. dia masih bilang rumor.. kita masih bisa tenang sedikit..
sore hari.. si bos masuk ruangan kami.. dan bilang.. "well.. maybe u have heard about the news that.. our client is bankrupt.. they close today"
gw diem.. yg lain juga diem..
ekspresi bos gw tenang.. masih mencoba ngobrol dengan becandaan ala britishnya itu.. tapi gw yakin dia ngerasa berat banget ngomong itu ke kita..
dia juga jelasin bahwa project e-gov ini masih tetep jalan.. karena mereka masih terikat kontrak dengan pemerintahan sana..
masalahnya.. developer yg bakal dipakai tetap team kita atau bukan karena yg pasti si partner ini akan menjual kontraknya dengan pemerintah sana ke IT consultan lain disana..
salah satu director perusahaan partner yg juga sahabat si bos menjanjikan bahwa dia bakal berusaha untuk membeli kontrak kerja ini jadi kami tetap bisa melanjutkan si e-gov.. tapi sebelumnya.. dia bakal membayar personally 2 orang di team gw untuk terus ngelanjutin kerjaan.. which are gw sama team leader..
ga kebayang perasaan 3 temen team gw lainnya pas ngedenger bos ngomong gt.. dan gw pun ga ngerasa senang dengan berita yg harusnya jadi berita baik buat gw..
sepait2nya klo kontrak kerja dengan gov sana masih ga jelas2 juga juntrungannya.. mungkin teman2 gw yg lain bakal di assign ke team lain.. tapi si bos juga bingung.. kita udah kebanjiran java developer.. minggu depan ada 3 orang baru lagi masuk (doh)
bos keluar ruangan.. suasana jadi aneh.. temen2 gw mulai pesimis.. and I hate that!
gw mau mereka tetep semangat dan berpikir positif..
yah mungkin klo gw jadi mereka gw juga bakal kayak gitu.. tapi tapi tapi.. gw percaya bos gw ga bakal seenaknya ngelepasin orang.. (baca. fired)
dan terbukti bos gw memang bos paling baik sedunia..
sekitar sejam kita dilanda gundah gulana.. si bos masuk lagi ke ruangan gw dan bilang ama satu2nya anggota team gw yg masih pake iMac versi lama yg warnanya putih itu..
he said.. "robby.. even you will be unemployed on Monday.. I'm going to give u new iMac.. which will come this evening.. so I need you to move all your data today so I can give ur iMac to the new developer on monday!"
beberapa detik kami semua speechless.. ga nyangka si bos masih mempercayakan gadget baru buat team yg masa depannya masih di ujung tanduk..
i love my team.. i love this company.. and yes.. I love my bos ^^

-i'm not the only one-
we love you bos!!!!





No comments:

Post a Comment