July 19, 2018

Bullet Journal - A Journal That Works (for me)

I'm a to-do list person.

Pastinya karena gw orangnya pelupa akut. Gw udah coba gunain segala macam aplikasi untuk nge-track tasks, habits, savings, expenses, you name it.. tapi ga ada yang bisa bertahan lama karena gw suka lupa buka apps-nya --"

Bermula dari nonton Youtube dimana ada beberapa channel yang gw subscribe bikin vlog tentang Bullet Journal. Tadinya ga tertarik bahkan untuk ingin sekedar tahu apa sih itu Bullet Journal (emang anaknya suka ga mau tau sih) sampai akhirnya kesambet beli buku tulis dan bolpen ucul di sebuah toko buku paling nge-hits sekota Batam. Karena bingung ini buku mau dibikin apa, tadinya pengen bikin kayak journal biasa aja tapi kok ya boring gitu.. jadilah nge-kepoin apa itu Bullet Journal.

Ternyata oh ternyata.. BurJo tidak seperti yang gw bayangkan. It is beyond my imagination! #lebay
Jadi ini journal bisa banget di personalize sesuai kebutuhan, jadi ga kepatok sama pakem yang ada, suka-suka lo deh mau dibikin gimana. Tetep sih ada kayak baseline yang kudu diikutin yang make sense sih buat dibikin.. klo ga, ya namanya ga journal deh.

Lo familiar kan sama journal yang udah pakem yang dijual di toko buku? Biasanya ada preview kalender setahun, lalu bulanan, mingguan, lalu harian. BurJo ga jauh beda sih, tetep ada preview setahun sampe harian, tapi in between lo bisa selipin apa aja yang lo mau misalnya habits tracker, savings tracker, mood trackers, goals tahunan sampe harian, gratitude list and the list goes on, suka-suka dan tergantung kebutuhan lo aja.

Jadi instead beli journal yang udah jadi, BurJo ini bikinnya dari scratch, pake buku tulis kosong. Ribet? Ga lah.. tergantung lo orangnya ribet apa ga :D Jangan dibayangin lo bikin template sendiri sekali jadi buat setahun. Nope. BurJo ini selow.. ngikutin kita lagi dimana, klo lo nya lagi butuh pause untuk nge-journal pun tak masalah.

Mungkin masih belom kebayang gmana sih BurJo ini. Lo bisa liat di youtube sih ada tutorialnya, banyak juga yang ngasih contoh punya mereka kayak gimana. Tapi banyakan bikin keder sih, overwhelming xD

Gw mau share BurJo ala gw, semoga ga overwhelming buat lo dan lo jadi ngerti esensi dari si BurJo ini. Okeh let's get started!

Yang lo butuhkan untuk bikin BurJo cuma buku tulis kosong, bolpen, sama penggaris.
Kalau lo orangnya artsy bisa ditambah pake pensil buat nge-sketch, brush pen, highlighter pen, dst.

Lalu halaman pertamanya bisa lo isi dengan biodata lo. Kalau gw cuma state nama sama no hp, in case ini BurJo nyasar dimana, bisa dikembaliin ke gw lagi. Jangan lupa kasih nice note la ya; kalau menemukan buku ini harap dikembalikan ke blablaba...

Next, kita mulai dengan bikin index alias daftar isi. Yang perlu lo bikin di awal cuma judulnya doank.. INDEX! Isinya ntar klo lo udah masuk bikin halaman selanjutnya. Kalau gw spare 2 halaman untuk index, karena pastinya 1 halaman doank ga bakal cukup.


Gambar di atas adalah halaman index BurJo gw, pretty simple dan baru sampe bulan Juli. Ada juga yang skip bikin index, terserah sih kalo lo merasa ga butuh. Gw bikin karena banyak selipan seperti habits tracker dan lain-lain, jadi biar ga rempong nyarinya, jadilah gw bikin index. 



Setelah index, ada year preview. Gw tadinya spare beberapa halaman buat year preview. Gw cicil dulu bikin per 3 bulan, tapi ternyata gw ga butuh, jadilah ga gw lanjutin. Emang sih bikin jelek BurJo, tapi salah satu hal yang BurJo ini ajarkan ke gw.. "Let it go.. show must go on!"

Anyway, bentukan atau design dari halaman-halaman di BurJo itu semua terserah lo. Ga pakem harus seperti yang gw bikin. Gw mah versi mencoba artsy tapi gagal karena gw orangnya sok minimalis xD
Lo bisa cek di pinterest atau di instagram #bulletjournal banyak banget contoh halaman BurJo yang keren-keren bikin keder haha



Setelah year preview yang ga kepake buat gw tadi, gw bikin halaman sisipan yaitu Year Goals, Books To Read sama Impulsiveness (karena gw banyak maunya, jadilah gw bikin page untuk nge-list ke impulsiveness-an gw yang kali aja bisa kejadian kalau lagi ada waktu bengong).  Lo bisa tambahin juga misal film yang mau ditonton tahun ini, atau project yang harus kelar tahun ini et cetera et cetera.



Setelah itu masuk ke monthly spread. Biasanya orang-orang bikin yang istilahnya Month Landing Page. Gw juga bikin sih, semacam ritual penyambutan bulan baru dan tutup halaman bulan yang lama, move on lah gitu ya. Next page setelah monthly preview, gw bikin halaman Month Goals yang tentu saja terkolerasi dengan Year Goals gw sebelumnya. Guna banget sih biar resolusi tahunan ga cuma tinggal resolusi, ada baby step-nya yang keliatan per bulan yang dieksekusi harian #asik.



Dilanjutkan dengan halaman monthly preview, semacam kalender bulanan gitu. Ini guna sih buat gw nge track appointment, ultah, meeting atau apalah.



Month Goals kan general banget yak, jadilah gw bikin setelah itu namanya Month Task Log. Jadi isinya itu list tasks buat bulan itu, bisa dari lemparan task yang ga kelar bulan sebelumnya atau emang task baru yang ada hubungannya sama month goals atau malah ga ada hubungan samsek, bebas mah. Month Task Log ini ga gw isi sama task yang rutin kayak "do laundry" atau "bersihin rumah" karena ga efektif lah ya. Kalau lo mau track habits bisa bikin Monthly Habit Tracker tiap bulannya.



Setelah Month Task Log, gw bikin Weekly Spread yang isinya list task perhari. Isinya bisa dari Month Task Log atau something new. Kalau mau nyelipin gratitude list bisa banget sih, bisa harian, mingguan, bulanan atau tahunan juga bisa. Gw sih bikinnya gratitude list per week yang gw isi setiap harinya. Mau kumpulin di satu bulan juga bebas, mana yang works sama lo aja, no rules for it.

Nah ini yang khas dari BurJo. Kita pake bullet untuk nge-list task baik itu bulanan sampe harian. Dan kalau tasknya udah selesai, bulletnya bisa disilang. Kalau tasknya di transfer ke next month atau next day, bulletnya bisa dikasih panah terus tasknya di bikin ulang di next month atau next day atau next 3 days #bebaskeun. Atau kalau tasknya di cancel, bisa di kasih garis dua di bulletnya. Terserah lo sih mau bikin sign-nya gmana, tapi kira2 begitulah. You create your own bullet legend.



Kalau lagi bosen pengen doodling, ga ada yang larang lo spare satu atau beberapa halaman di BurJo buat doodling. You have complete control on how you make your journal. Kayak gw kemaren ini skip satu bulan setelah melahirkan karena emang ga ada waktu buat beginian. Atau kalau mau track tabungan udah ampe mana, bisa bikin saving tracker. Mau belajar sesuatu hal yang baru dan sisipin catetannya di BurJo juga ga ada yang larang. It's your personalize journal, one book for all! Makanya BurJo ini works banget di gw karena nge cut banyak apps to make my life organize dan karena dia analog, it's more fun! Gw jadi belajar hand lettering karena pengen BurJo gw artsy2 gmana gitu, walaupun akhirnya kengkadang bodo amat ama tulisan jelek karena yang penting fungsinya bukan bentukannya, yes!

Okelah, panjang juga ya jadinya postingan ini xD Semoga lo bisa dapet esensi dari BurJo ini, mon maap sama tulisan gw yang acak-acakan, karena ngetiknya macam ninja takut keburu anak bayik bangun dari tidur siang hahaha #mamak2firstproblem

Ciao and happy BurJo-ing!








No comments:

Post a Comment