September 3, 2018

Cerita Gw Melahirkan..

Daehan lahir sesuai dengan HPLnya yaitu tanggal 25 April 2018. Sebulan sebelum lahiran, dokter memperkirakan doi bisa lahir lebih cepet seminggu karena posisinya yang udah ready dipinggul. 

Jujur gw ga aktif-aktif amat sih pas hamil. Jalan pagi mah wassalam, cuma beberapa kali sebelum lahiran xD Jalan di kantor juga secukupnya, kadang ada lah jalan sore cantik gitu. Kadang pulang kantor nge mall atau pas weekend biar gerak dikit. Di rumah lumayan sering duduk di yoga ball sih, mungkin itu yang membantu si bayi turun ke bawah. 

Walhasil prediksi dokter hampir tinggal prediksi. Sampai H-1 malam, masih pembukaan satu aja. Dokter bilang besok pagi dateng aja biar di pancing alias di induksi T_T Mendengar kata induksi gw langsung mules terus nanya ke bu dokternya, “Induksi itu sakit kan ya dok?” Pas waktu itu nyokap ikutan nemenin kontrol ke dokter. Doi nyamber aja gitu ngejawab pake bahasa Padang, “Tacirik se sakik, masak baranak indak sakik,” yang artinya; beol aja sakit, masak lahiran ga sakit. Dokternya yang kebetulan juga orang Padang pun langsung ngakak, gw nya tetep mules T_T

Karena ga pengennya gw di induksi, selesai kontrol dokter gw minta ama koko buat jalan-jalan ke mall. Kali kan ya bisa langsung buka-an berapa gitu jadi ga perlu induksi lagi. Keliling mall lah gw malam itu sampe si mall tutup, jam 11 malam baru sampe rumah.

Nyampe di rumah tau-tau kayak ada air ngerembes gitu keluar dari si vajayjay. Karena baunya ga pesing, berprasangka lah gw klo itu air ketuban. Kita mutusin untuk balik ke RS nya aja lagi. Untung segala perlengkapan lahiran udah ready semua di mobil jadi tinggal cusss…

Bener aja, sampai di rumah sakit itu ketuban pecahnya langsung bocor kayak ompol. Pas di cek masih pembukaan satu aja donk, plus ketuban udah pecah. Mau tak mau kudu di induksi langsung. Gw inget itu infus induksi dikasih ke gw jam 1 malam. Kata susternya kemungkinan siang atau sore lah lahirannya, nanti subuh mereka cek lagi progressnya dah sampe mana. 

Boook itu ya induksi sakit bener T_T Gw dibikin kontraksi jedanya cuma paling semenit. Baru aja lega sakitnya reda udah dihajar kontraksi berikutnya. Si gw cuma bisa istighfar sama minta ampun ama nyokap :D

Baru dua jam di induksi, jam 3 paginya, gw ngerasa mules parah pengen pup. Setahu gw itu tanda-tanda mau lahiran, langsunglah gw bilang nyokap klo rasanya dah pengen keluar. Nyokap pun kaget lha kok cepet amat.. trus doi panggil susternya. Awalnya si suster ga yakin trus mau ngeceknya ntar aja, paling itu kontraksi palsu. Tapi untung nyokap kekeuh nyeret susternya ke kamar buat ngecek pembukaan gw. Dan bener aja, setelah di cek sama si suster, ternyata udah bukaan delapan. Doi pun kaget, gw lega gilak secara tak sanggup menahan sakit sampe siang apalagi sore. Keburu lemes ga bisa ngeden pastinya..

Langsung gw diboyong ke ruangan bersalin plus disuruh tahan jangan sampe tuh bayik keluar dijalan. Itu yaa… nahan biar ga ngeden lebih sulit daripada ngedennya. Untung gw sempet liat video hypnobirthing klo mo nahan ngeden itu kudu napas pendek-pendek dan cepet. Untungnya works.. klo salah napas bisa berabe >.<

Di ruangan bersalin, suster-susternya sibuk ngurusin alat-alat dkk. Si gw udah hampir tak sanggup menahan ngeden. Ga lama dokternya muncul dan akhirnya disuruh ngeden beneran. Dibantu dua suster super kece dan koko yang memberi semangat, 5 kali disuruh ngeden, 2 ngeden pertama salah, 3 ngeden selanjutnya berhasil mengeluarkan Daehan dengan selamat. Alhamdulillah..

Seperti cerita Ibu melahirkan pada umumnya lah ya.. begitu suster bilang anaknya udah keluar, dan suara tangis baby nya kenceng, hilang lah sudah itu semua rasa sakit. Apalagi waktu Daehan dikasih bobo di dada gw, itu dokternya mau ngubek-ngubek yang dibawah kayak apa juga kagak berasa lagi :D Kalah rasa ngilu, sakit, ngeri dijahit, sama rasa ngeliatin Daehan nemplok anteng di pangkuan. 

Daehan lahir jam 3.30 pagi hari itu. Setelah dibersihkan suster, akhirnya gw bisa bobo cantik. Jam 6 pagi gw bangun aja donk, berasa seger lagi. Koko dan mama masih tepar bobo. Gw bangunin koko buat temenin ke kamar mandi. Dengan pedenya di kamar mandi lepasin tangan koko, mau jalan sendiri gitu, berasa kuat aja.. Eh langsung blackout xD Untung koko sigap menyambut klo ga lumayan bisa benjol haha

Yah begitulah ceritanya.. akhirnya si gw melanjutkan istirahat di kasur tapi yang jelas udah ga bisa tidur lagi karena keluarga mulai berdatangan dan Daehan pun udah dianterin ke kamar. Amaze aja gitu akhirnya bisa tau mukanya si anak bayik kek mana.. emang sengaja ga mau USG 3D biar surprise gitu. Pastinya ga jauh-jauh lah mukanya yak, klo ga kayak gw ya kayak koko :D

Ternyata dia kayak koko.. banget..

Baiklah.

Xoxo,
hanapewee




No comments:

Post a Comment