December 30, 2016

Welcoming 2017

Seperti biasa, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk memberikan feedback pada diri sendiri dan membuat resolusi untuk tahun baru nanti. Tapi, setiap kali gw bikin resolusi untuk tahun yang baru, boro-boro kecapai, yang ada lupa resolusi yang udah dibikin apa 😆

Untuk tahun 2017, instead of making resolution, gw memutuskan untuk mencoba membuat habits yang bisa membuat gw lebih dekat dengan goals yang mau gw capai. Jadi gimana caranya untuk membuat kebiasaan baru ala gw?

Menggunakan applikasi


Harus gw akui kalau gw ga bisa jauh-jauh dari HP. Kadang reflek aja untuk buka HP padahal ga tau juga mau ngapain. Makanya tracking habits pakai HP jadi pilihan gw. Mungkin lo bisa coba pakai cara lain kalau bukan anak gadget, bikin di papan tulis contohnya.

Gw menjatuhkan pilihan pada apps yang namanya Done. Alasan gw pilih apps ini karena :
1. Tampilannya simple, semua habits yang kita punya langsung di display in one page pas saat buka apps. Jadinya inget klo hari ini kita musti lakuin habit apa.
2. Bisa bikin goals per hari/minggu/bulan.
3. Ga cuma untuk bikin habit tapi juga bisa untuk break the habit.
4. Counter habit yang akan balik ke angka nol kalau kita ga konsisten untuk memotivasi agar kita ga break the habit.

So far beberapa hari pakai apps ini ngerasa jadi compete with my laziness karena ga mau counternya jadi balik ke angka nol. Nah skarang, gimana caranya biar inget untuk buka apps ini?

Bersih-bersih home screen HP

Sebenernya dulu gw udah pernah coba pakai apps habit tracker. Cuman jaman itu apps nya belum menarik dan ga bikin gw termotivasi untuk maintain habits. Dan juga, gw selalu lupa untuk buka apps nya karena berada di antara banyak apps di home screen HP.

So I decided to use minimalism concept in my cellphone. Buang-buang apps yang ga perlu dan yang ga pernah dipakai dalam waktu lama. Sejak beberapa tahun ini gw ga pernah install game lagi di HP karena kasian waktunya. Mungkin lo juga bisa coba uninstall game, kali aja berkah 😃

Secara gw anak sosmed, jadi rasanya ga mungkin untuk buang apps sosmed hahaha xD
Biar sosmed ga mendominasi waktu gw, gw coba ngumpulin semuanya di satu folder. Selain sosmed apps, photo dan video apps juga dijadiin satu, dan apps lain yang penting ga penting semua masuk ke satu folder. Jadi yang pertama kali gw lihat pas buka HP hanya beberapa apps penting dan penunjang goals seperti Done, Whatsapp, Google Keep, mind map, Gmail, dkk. Dengan kayak gini, gw jadi selalu inget untuk buka Done, si habit tracker.

Setelah mencoba metode ini beberapa hari, gw jadi jarang buka sosmed karena otak gw udah occupy sama apps yang lebih penting. Ga kayak dulu, ngeliat notif sosmed aja langsung buka itu apps, padahal tadinya mau niat browsing yang penting.

Voila! Ga muluk-muluk deh bikin resolusi untuk 2017, mau coba maintain kebiasaan yang bagus aja biar semakin dekat sama cita-cita. Kalau lo ada cara ampuh lainnya, feel free to comment!


XOXO,
hanapewee

















No comments:

Post a Comment